Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan pameran perdagangan terbesar yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, bekerja sama dengan PT Debindo International Trade & Exhibitions, serta didukung oleh berbagai instansi pemerintah seperti Kemenparekraf, Kemenkop, BUMN, dan masih banyak lainnya. Di tahun 2024 ini, TEI menggelar edisi ke-39-nya yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 12 Oktober di ICE BSD, Tangerang. 

Di edisi tahun ini, TEI mengusung tema “Build Strong Connection With The Best of Indonesia”, yang menyoroti potensi ekspor Indonesia serta menjalin koneksi global. Acara ini dibuka dengan meriah, diawali dengan pertunjukan angklung, tari-tarian tradisional, dan sambutan singkat dari Presiden Joko Widodo. Setelah membuka acara, Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk berkeliling ke berbagai booth yang turut serta dalam pameran ini. 

Ribuan Exhibitor dan Pengunjung dari Seluruh Dunia 

Trade Expo Indonesia ke-39 mencatat partisipasi sekitar 1.460 exhibitor dari berbagai industri. Booth dengan desain-desain menarik dari perusahaan besar hingga UMKM berjejer memamerkan produk unggulan mereka. Tahun ini, TEI berhasil menarik 41.488 pengunjung dan buyer dari 140 negara, menunjukkan antusiasme yang tinggi dari pebisnis lokal hingga internasional. Sebagian besar pengunjung adalah pebisnis yang mencari peluang untuk memasarkan produk-produk unik asal Indonesia ke seluruh dunia. 

Presiden Jokowi Kunjungi Booth ATT Group 

Di tengah hiruk-pikuk ribuan booth, ATT Group berhasil mencuri perhatian Presiden Jokowi. Direktur PT Perishable Logistics Indonesia (PLI), Ilham Hutomo, menyambut kedatangan Presiden dan memberikan penjelasan singkat tentang layanan unggulan ATT Group serta berbagai komoditas yang sedang ramai diekspor. 

ATT Group berhasil mencuri perhatian dengan pendekatan tematik pada desain booth-nya. Setelah tahun lalu menghadirkan konsep container untuk merepresentasikan pengiriman laut, tahun ini ATT Group mengambil inspirasi dari dunia penerbangan. Konsep yang unik ini terlihat dari atap booth yang menyerupai pesawat serta area lounge bisnis yang dirancang mirip dengan kursi pesawat, memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung. 

Display Produk Ekspor Unggulan ATT Group 

Booth ATT Group menampilkan beragam produk ekspor mulai dari produk perishable seperti buah dan sayuran segar, ikan hias, seafood segar, hingga produk frozen dan tanaman hias. Selain itu, produk industri seperti sparepart, vaksin, dan alat-alat berat juga menjadi bagian dari display booth ATT Group. Semua produk ini dipersiapkan dengan standar tinggi untuk memastikan kualitas dan ketahanan selama proses pengiriman. 

Tidak hanya menampilkan produk, tahun ini ATT Group juga mengusung tema “Smart & Halal Logistics”, menekankan komitmen ATT Group dalam menyediakan layanan logistik yang sesuai dengan prinsip halal, serta dilengkapi dengan teknologi terkini. Hal ini demi memastikan ketenangan hati pelanggan dengan memastikan produk mereka tiba di tujuan dengan aman dan sesuai syariat. 

Pengaruh TEI Bagi Sektor Bisnis Ekspor 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menyatakan bahwa Trade Expo Indonesia 2024 berhasil mencetak total transaksi senilai US$ 22,7 miliar. Dengan pencapaian ini, diharapkan semakin banyak komoditas Indonesia yang dapat mengembangkan sayapnya ke pasar internasional melalui dukungan acara bergengsi seperti Trade Expo Indonesia. 

Trade Expo Indonesia 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran dagang, tetapi juga ruang bagi para pelaku usaha untuk menjalin koneksi dan memperluas pasar produk-produk berkualitas ekspor dari Indonesia. Kehadiran Presiden Jokowi di booth ATT Group menjadi bukti dukungan pemerintah terhadap inovasi dan komitmen ATT Group dalam memajukan industri logistik di tanah air.